Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

kesehatan mental (Carl Rogers)



CARL ROGERS
 
 
Kepribadian Sehat Menurut Carl Rogers

            Teori Rogers mirip dengan pendekatan Freud, namun pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat. Rogers memandang kesehatan mental sebagai proses perkembangan hidup alamiah, sementara kejahatan dan kemanusiaan lain dipandang sebagai penyimpangan dari kecenderungan alamiah. Menurut Rogers orang yang memiliki kepribadian sehat adalah orang yang dapat mengaktualisasikan diri. Jadi, manusia yang sadar dan rasional tidak lagi dikontrol oleh peristiwa kanak-kanak seperti yang di ajukan oleh aliran Freudian, misalnya toilet training, penyapihan ataupun pengalaman seksual sebelumnya. Rogers lebih melihat pada masa sekarang, dia berpendapat bahwa masa lampau memang akna mempengaruhi cara bagaimana seseorang memandang masa sekarang yang akan mempengaruhi juga kepribadiannya.
            Self atau self concept adalah konsep menyeluruh yang terorganisir mengenai pengalaman yang berhubungan dengan aku dan membedakan aku dari yang bukan aku. Self concept menggambarkan konsepsi orang mengenai dirinya sendiri, ciri-ciri yang dianggapnya menjadi bagian dari dirinya, pandangan diri dalam berbagai perannya dalam kehidupan dan dalam kaitannya dengan hubungan interpersonal.
Konsep pokok dari teori kepribadian Rogers adalah self, sehingga dapat dikatakan self merupakan struktur kepribadian yang sebenarnya. Carl Rogers mendeskripsikan the self atau self-structure sebagai sebuah kontruk yang menunjukkan bagaimana setiap individu melihat dirinya sendiri. Self ini dibagi menjadi 2, yaitu :
ü  Real Self : keadaan diri individu saat ini
ü  Ideal Self : keadaan diri individu yang ingin dilihat oleh individu itu sendiri atau apa yang ingin dicapai oleh individu tersebut
Bila seseorang, antara “self concept”nya dengan organisme mengalami keterpaduan, maka hubungan tersebut disebut kongruen (cocok) tapi bila sebaliknya maka disebut inkongruen (tidak cocok) yang bias menyebabkan orang mengalami sakit mental, seperti merasa terancam, cemas, defensive dan berpikir kaku serta picik.


Ciri-Ciri Kepribadian Sehat Menurut Erich Fromm

Ciri-ciri orang yang mengalami sehat secara psikologis, disebutkan sebagai berikut :
Ø  Seseorang mampu mempersepsi dirinya, orang lain dan berbagai peristiwa yang terjadi di lingkungannya secara objektif.
Ø  Terbuka terhadap semua pengalaman, karena tidak mengancam konsep dirinya.
Ø  Mampu menggunakan semua pengalaman.
Ø  Mampu mengembangkan diri kea rah aktualisasi diri (fully functioning person)




Sumber :
http;//deathneverlost.wordpress.com/2013/06/13282/
Sumadi. 1995. psikologi kepribadian. Jakarta: raja grafindo persada