Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

MANUSIA DAN KEINDAHAN


MANUSIA DAN KEINDAHAN


A. PENGERTIAN KEINDAHAN

Keindahan berasal dari kata indah yang berarti bagus,permai,cantik, elok, molek dll. Benda yang memiliki sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, manusia, rumah, tatanan, perabot rumah tangga, suara warna, dsb.
Keindahan itu identik dengan kebenaran, dan keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi. Yang tidak menggandung kebenaran berarti bukan indah.  Tetapi kebenaran disini bukan artinya kebenaran terhadap ilmu, tetapi kebenaran menurut konsep seni. Keindahan juga bersifat Universal, yang artinya tidak terikat oleh selera perorangan, waktu,tempat, selera mode, kedaerahan atau lokal.
Menurut De Liang Gie dalam bukunya “Garis Besar Estetika”. Menurut asal katanya , dalam bahasa inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata “Beautiful” dalam bahasa Pprancis “Beau”, sedangkan Italia dan Spanyol “Bello” berasal dari kata latin “Bellum”. Akar katanya adalah “bonum”yang berarti kebaikan, kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan terakhir diperpendek menjadi “Bellum”.
Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalitas abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Disamping itu pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi :
a.       Keindahan seni
b.      Keindahan alam
c.       Keindahan moral
d.      Keindahan intelektual
Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis dari seseorang dalam hubungannya dengan segala sesuatu yang diserapnya. Sedangkan keindahan dalam arti terbatas haya menyangkut ebnda-benda yang diserapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.
                                                                                          
B. NILAI ESTETIK

The Liang Gie menyatakan pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu  yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.
Tetapi penggolongan yang penting adalah niai intrinsik dan ekstrinsik.
Nilai ekstrinsik adalah sifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya(instrumental/contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu. Nilai intrinsik adalah sifat baik dari benda yang bersangkutan,atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.

C.  PENGERTIAN KONTEMPLASI DAN EKSTANSI

Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah.
Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati sesuatu yang indah.

D. RENUNGAN

Renungan berasal dari kata renung , artinya diam-diam memikirkan sesuatu atau memikirkan sesuatu dengan dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni ada beberapa teori< yaitu :
a.      Teori pengungkapan
b.      Teori metafisik
c.      Teori psikologik

E. KESERASIAN

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai sekali. Kata cocok, kena dan sesuai mengandung unsur perpaduan, pertentangan ukuran dan seimbang.
Teori-teori keserasian yaitu :
a.      Teori Obyektif dan Teori Subyektif
b.      Teori Perimbangan


Sumber: